Forgot Password Register

DPR Segera Tetapkan Pansus Pengkajian Pemindahan Ibu Kota Hari Ini

DPR Segera Tetapkan Pansus Pengkajian Pemindahan Ibu Kota Hari Ini Gedung DPR (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - DPR RI akan segera menetapkan Panitia Khusus (Panitia Khusus) pengkajian pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Rencananya Pansus itu akan ditetapkan pada Rapat Paripurna Senin siang nanti (16/9/2019).

"Jadi yang mau ditetapkan adalah Pansus pengkajian. Jadi belum UU. Kan pemerintah presiden mengirimkan surat ke DPR beserta lampiran kajiannya. DPR meresponsnya dengan membentuk Pansus," kata Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali kepada wartawan, Senin (16/9/2019).

Baca Juga: Bappenas Pastikan Ruang Terbuka Hijau di Ibu Kota Baru Mencapai 50 Persen

Amali menegaskan, semua pihak tak salah paham dengan adanya Pansus ini. Pasalnya ini bukan merupakan Pansus untuk membahas UU akan tetapi untuk menentukan sikap DPR terhadap rencana pemindahan ibu kota.

Sementara itu menurutnya, Pansus pengkajian ini akan terdiri dari 30 orang anggota DPR, masing-masing fraksi dan komisi mewakili. 

"PDIP 6, Golkar 5, sisanya sesuai porsi. Golkar saya, Pak Adies Kadir, Komisi XI Pak Sarmuji, kemudian Pak Dadang Komisi II. Sama Komisi V saya gatau siapa. Karena yang dominannya Komisi II maka 2 orang," ungkapnya.

Lebih lanjut, ketika disinggung kapan batas akhir waktu Pansus memberikan sikap mengingat masa kerja periode ini hanya sampai 30 September, Amali mengatakan hal itu tak menjadi kendala sebab masih bisa dilanjutkan oleh anggota periode selanjutnya.

Baca Juga: Bappenas Pamer Pemindahan Ibu Kota RI ke Kongres Dunia

"Ya paling batas akhirnya 30 september. Selesai tidak selesai kami harus beri laporan kepada pimpinan DPR yang memberikan tugas kepada kami," tandasnya.

Sebelumnya dilihat oleh Pantau.com, dalam undangan yang diterima, DPR RI rencana akan menggelar Rapat Paripurna siang hari ini. Tampak salah satu agenda adalah laporan Komisi III terkait Fit anda Proper test Capim KPK. Dan juga penetapan anggota Pansus tentang pemindahan ibu kota.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More