Pantau Flash
OJK Yakin Kredit Bank di 2020 Tumbuh 4 Persen di Tengah Pandemi
10 Tewas dan Ratusan Terluka Akibat Ledakan Dahsyat di Ibu Kota Lebanon
Ledakan Besar Guncang Beirut Lebanon, Banyak Korban Berjatuhan
Erick Thohir Pastikan Vaksin COVID-19 Produksi Bio Farma Halal
Padat Karya Tunai Desa Diyakini Serap 5,2 Juta Tenaga Kerja

Raih Penghargaan, Rahmad Pribadi Bawa Petrokimia Gresik Capai Sasaran

Raih Penghargaan, Rahmad Pribadi Bawa Petrokimia Gresik Capai Sasaran Dirut Petrokimia, Rahmad Pribadi. (Foto: ANT)

Pantau.com - Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, berhasil mendapatkan sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Tak hanya itu, Petrokimia Gresik juga mendapatkan penghargaan tingkat nasional dalam ajang Anugerah BUMN 2020.

Di mana perusahaan membawa pulang dua gelar juara sekaligus, yakni Juara I Transformasi Organisasi Terbaik dan Juara II Pengembangan SDM Unggul Terbaik dalam kategori Anak Perusahaan BUMN.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Rahmad Pribadi menyatakan pihaknya sudah menjalankan program transformasi bisnis sejak tahun 2019. Adapun sasarannya adalah menjadi perusahaan solusi agroindustri untuk pertanian berkelanjutan.

Baca juga: Petrokimia Raup Laba Rp1,2 Triliun di 2019

“Untuk mencapai sasaran tersebut, salah satu cara yang kami tempuh adalah dengan melakukan transformasi organisasi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, ujar Rahmad Pribadi yang menerima penghargaan di Jakarta.

Tercatat, Rahmad mengantarkan Petrokimia Gresik meraup laba bersih (audited) sebesar Rp1,5 triliun atau 129 persen dari target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2019 yang ditetapkan sebesar Rp1,16 triliun.

Transformasi ini juga menjadikan produk komersial Petrokimia Gresik berdaya saing hingga pasar global. Terbukti pada tahun 2019, Petrokimia Gresik berhasil memecahkan rekor eskpor terbesar sepanjang sejarah perusahaan (392 ribu ton).

Profil Rahmad Pribadi

Yap, Rahmad Pribadi merupakan sosok hebat dibaliknya kesuksesan Petrokimia Gresik. Sebelumnya, ia mengapresiasi dukungan seluruh insan di korporat beserta stakeholder dalam penyelenggaraan perusahaan yang bersih dan berintegritas di Petrokimia Gresik.

Untuk diketahui, Rahmad Pribadi merupakan pria kelahiran Yogyakarta, 13 April 1970. Pria lulusan S2 Harvard Univeristy ini pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Baturaja, sebelum jadi Direktur Utama PT Petrokimia Gresik.

Sebelum menempuh Master of Publis Administration di Harvard University, Rahmad merupakan lulusan S1 Business Administration dari University of Austin, Texas. Usai lulus S2, Rahmad Pribadi ditunjuk sebagai Direktur Umum dan SDM di PT Petrokimia Gresik.

Baca juga: Jonan Sebut Petrokimia Jadi Masa Depan Industri Migas

Sebelumnya ia memulai karier di Chevron Pacific Indonesia (sebelumnya Caltex Pacific Indonesia) Information System Auditor dan berlanjut menjadi Internal Auditor Manager PT Bakrie & Brothers TBK.

Lalu, sejak Mei 2000, Rahmad Pribadi menjadi CEO di PT. Bakrie Niagatama. Selain di berbagai perusahaan, dirinya juga menjabat sebagai Wakil Ketua KADIN Indonesia Komite Tetap Bidang Energi, Minyak dan Gas.

Dalam organisasi kepemudaan, Rahmad aktif sebagai Bendahara Umum di Pengurus Nasional Karang Taruna Periode 2010-2015. Rahmad Pribadi, pria yang sempat mengecap pendidikan di Universitas Gadjah Mada pada 1988-1990 jurusan Ekonomi ini memiliki Sertifikat Internal Auditor yang dikeluarkan oleh The Institute of Internal Auditor Inc.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: