Pantau Flash
Pemprov DKI Gandeng 26 Rumah Sakit Swasta Jadi Rujukan COVID-19
Wali Kota Bandung Minta Warga Waspadai Klaster Keluarga COVID-19
Kota Sukabumi Laporkan Kasus Kematian Pertama Akibat COVID-19
Kasus Baru Positif COVID-19 di Indonesia Hampir 5.000 per 25 September
Pembayaran Klaim Asuransi Terkait COVID-19 Capai Rp216 Miliar

Di Malaysia, Pengemudi Mobil Tidak Wajib Gunakan Masker

Di Malaysia, Pengemudi Mobil Tidak Wajib Gunakan Masker Ilustrasi pengemudi mobil kenakan masker. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Pemerintah Malaysia tidak mewajibkan pengguna kendaraan pribadi untuk mengenakan masker, dan tidak akan didenda.

Menteri Senior Klaster Keselamatan (Keamanan) Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob mengemukakan hal itu di Putrajaya, dalam jumpa pers harian Perintah Kawalan Pergerakan (PKP).

Dia mengatakan hanya mereka berada di tempat umum yang sesak seperti pasar, bioskop dan lokasi pelancongan serta menaiki angkutan umum saja yang diwajibkan memakai masker. "Tadi malam viral di media sosial, ada (individu) yang dikenakan denda (tidak pakai masker) dalam kendaraan sendiri dan itu tidak betul,” katanya.

Baca juga: Pasukan Infantri Malaysia Tangkap 42 WNI di Johor

Dia menegaskan mereka yang menaiki kendaraan pribadi tidak perlu memakai masker dan tidak perlu juga diambil tindakan. "Jadi mereka yang sudah membayar denda mereka boleh menuntut kembali uang tersebut,” katanya.

Politikus UMNO ini percaya polisi mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan denda berdasarkan prosedur operasi standar (SOP) yang ditetapkan Kementrian Kesehatan Malaysia (KKM).

“Demikian juga bagi mereka yang berada di tepi pantai, kalau dia sendiri duduk di situ dan tidak ada kesesakan, tidak perlu didenda,” katanya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: