Pantau Flash
Ade Yasin Bakal Batasi Kendaraan di Jalur Pucak saat Libur Panjang Nanti
Duh, Kepulauan Riau Kekurangan Ventilator untuk Pasien COVID-19
Bamsoet Apresiasi Penetapan Tersangka Kebakaran Gedung Kejagung
Kasus Baru COVID-19 Per 24 Oktober Bertambah 4.070, Total 385.980
Sertifikasi Halal bagi Pelaku UMKM Tidak Dipungut Biaya Alias Gratis

Dedengkot Pelaku Pemalsuan Surat Kendaraan Lintas Provinsi Ditangkap

Dedengkot Pelaku Pemalsuan Surat Kendaraan Lintas Provinsi Ditangkap DZ, tersangka pemalsuan STNK yang berhasil ditangkap Polsek Tampan, Kota Pekanbaru, Riau. (Foto: Antara/Anggi Romadhoni)

Pantau.com - Kepolisian Sektor Tampan, Kota Pekanbaru, membekuk seorang tersangka yang merupakan dedengkot pemalsu surat tanda nomor kendaraan (STNK) serta surat ketetapan pajak daerah yang telah beraksi tidak hanya di provinsi Riau melainkan hingga pulau Jawa.

"Tersangka telah melancarkan aksinya sejak 2018," kata Kapolsek Tampan KotaPekanbaru, Kompol Hotmartua Ambarita.

Tersangka berinisial DZ (39) itu ditangkap di Jalan HR Soebrantas pada Rabu 19 Agustus 2020, setelah kepolisian mencium peredaran STNK palsu di Kota Pekanbaru. DZ ditangkap Unit Reskrim Polsek Tampan yang dipimpin Iptu Bahari Abdi usai penyelidikan panjang.

Baca juga: Sopir Rental Bunuh Satu Keluarga Pakai Pisau Dapur, Motifnya karena Utang

Tersangka pun tak dapat mengelak ketika dia membawa sejumlah STNK milik pemesan. Usai penangkapan itu, polisi melakukan pengembangan di kediaman tersangka di Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

Benar saja, di rumah tersangka polisi menemukan perangkat komputer lengkap dengan pemindai dan printer. Selain itu, juga ditemukan bahan-bahan percetakan mulai dari kertas HVS juga foil silver dan emas yang digunakan untuk logo Bhayangkara juga STNK Kepolisian.

"Tersangka ini beraksi sendirian di rumah. Namun dia punya kaki tangan yang mencari pelanggan. Kaki tangannya ini masih kita buru," ujarnya.

Lebih jauh, Ambarita menceritakan jika tersangka menyasar para pemilik kendaraan yang ogah untuk mengurus STNK ke kepolisian. Kepada korban, dia mengaku bisa membantu menyelesaikan pembayaran perpanjangan pajak kendaraan.

Baca juga: 18 Tahun Pembunuh Ayahnya Belum Tertangkap, Pria Ini Melapor ke Propam

Namun, korban bukannya mengurus STNK itu ke kepolisian. Namun malah mencetak sendiri di rumahnya. Selain itu, tersangka juga menyasar para pemilik kendaraan bermotor, terutama mobil bodong tanpa surat.

"Bermodal nomor rangka dan mesin, dia mencetak itu STNK sendirian. Nomor registrasinya dia buat sendiri acak-acakan. Nah, untuk yang kasus mobil bodong ini pasiennya dari banyak daerah, Bandung, Jakarta, Medan, Sumbar dan lainnya," tuturnya lagi.

Sekilas, dia mengatakan STNK yang dibuatnya sangat mirip dengan asli. Namun, jika dilihat secara teliti, terdapat perbedaan pada hologram silver STNK dan hologram emas Bhayangkara. Selebihnya dia buat semirip mungkin termasuk tandatangan pejabat kepolisian. Selain menangkap dedengkot sindikat pencetak STNK palsu, Polsek Tampan juga berhasil menangkap pemilik showroom mobil yang kerjaannya menggelapkan kendaraan roda empat. Dia adalah RF yang ditangkap di Bekasi, Jawa Barat. RF dan DZ tidak saling berhubungan namun keduanya sama-sama bergerak dalam kejahatan otomotif dan meresahkan masyarakat.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: