Pantau Flash
OJK Yakin Kredit Bank di 2020 Tumbuh 4 Persen di Tengah Pandemi
10 Tewas dan Ratusan Terluka Akibat Ledakan Dahsyat di Ibu Kota Lebanon
Ledakan Besar Guncang Beirut Lebanon, Banyak Korban Berjatuhan
Erick Thohir Pastikan Vaksin COVID-19 Produksi Bio Farma Halal
Padat Karya Tunai Desa Diyakini Serap 5,2 Juta Tenaga Kerja

Sebanyak 13 Tim Ajukan Stadion Kandang Selama Lanjutan Liga 1 2020

Sebanyak 13 Tim Ajukan Stadion Kandang Selama Lanjutan Liga 1 2020 PT Liga Indonesia Baru (Foto: PT Liga Indonesia Baru)

Pantau.com - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan sampai Rabu (15/7) pukul 16.00 WIB, ada 13 tim yang mengajukan stadion kandang selama lanjutan Liga 1 2020.

"Pilihan ke-13 tim itu jatuh pada Stadion Maguwoharjo (di Sleman, Yogyakarta) dan Stadion Sultan Agung (di Bantul, Yogyakarta). Jumlah yang memilih Maguwoharjo dan Sultan Agung berimbang," ujar Ahmad Hadian kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Pria berusia 55 tahun itu tidak memberitahukan secara rinci mengenai klub-klub yang mengajukan stadion kandang tersebut.

Baca juga: PSIS Keberatan dengan Aturan Pemain Wajib Swab Test Sebelum Bertanding

Sejatinya, pemilihan stadion markas selama lanjutan Liga 1 2020 ditujukan untuk tim-tim dari luar Pulau Jawa. Di Liga 1 musim 2020, ada enam tim yang tidak berbasis di Jawa yaitu Persiraja, Bali United, Borneo FC, Barito Putera, PSM Makassar dan Persipura.

Artinya, jika ada 13 tim yang mengajukan markas baru selama Liga 1 di tengah pandemi COVID-19, beberapa tim dari Pulau Jawa termasuk di dalamnya.

"Benar, bukan hanya tim dari luar Pulau Jawa yang mengajukan home base," tutur Akhmad Hadian.

Sementara terkait penggunaan stadion-stadion tersebut, Akhmad Hadian memastikan bahwa LIB akan mengatur sedemikian rupa.

"Prinsipnya, akan disesuaikan dari sisi penjadwalan agar tidak bentrok. Mudah-mudahan penjadwalannya bisa segera diselesaikan," kata dia.

Baca juga: Lanjutkan Liga, PSSI Imbau Suporter Tak Datang ke Stadion dan Adakan Nobar

LIB akan menjalin komunikasi secara virtual dengan klub-klub peserta Liga 1 2020 pada Jumat (17/7). Diskusi ini membicarakan secara mendalam soal berbagai hal teknis terkait kelanjutan liga.

Liga 1 musim 2020 dipastikan akan berlanjut pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Kompetisi tetap berlangsung semusim penuh dan semua laga digelar di Pulau Jawa.

Dengan dikonsentrasikan di Pulau Jawa, tim-tim akan berpindah-pindah dengan transportasi darat demi mencegah penyebaran COVID-19.

Seluruh kegiatan selama lanjutan liga nantinya dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: